NOSTALGIA LOMBOK : PANTAI-PANTAI TERINDAH

0 Comments


Tak kenal maka tak sayang , itulah satu pepatah yang membuat saya senang menjelajah tempat-tempat baru. Salah satu tempat yang bikin saya hetcic akan travelling di Indonesia salah satunya adalah Lombok- Nusa Tenggara Barat. Saya inget betul ngewujudin kesini saya bisa online 24 jam untuk sekedar mendapatkan tiket murah. Disinilah mantan menjadi bagian awal dari beberapa travelmate saya yang lain. ha ha ha #sekilasinfo

Lombok selalu menawarkan kisah dari berbagai sisinya . Pantai, gunung, bawah laut dan segala rupa yang tak bisa kamu jelaskan dari sekedar bicara. Sampai hari ini, perjalanan itu masih begitu terasa hangat saya rasakan.

Baca juga : Travelling bermodal tiket murah ke Lombok

Kak Ifa dan keluarga menyambut kedatangan saya dan tim, bertemu orang baru dalam perjalanan adalah momen yang selalu saya suka. Ya berarti saya akan punya teman dan keluarga baru di s bok-pantai-pantai-yang-terindah isi lain Indonesia.

Cukup singkat waktu saya untuk berpiknik di Lombok, hanya punya waktu 3 hari, membuat saya dan tim memaksimalkan perjalanan dengan mengaturnya sebaik mungkin. Sesampainya di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan selat alas disebelah timur kota Sumbawa ini. Hal yang pertama kali saya cari adalah pantai, gak peduli matahari masih terik, yang penting “the first moment” saya harus betemu pantai.

Pantai-pantai yang kita kunjungi ketika di Lombok

1.       Pantai Kuta Lombok

photo by : iklantravel.com

Awalnya saya mengira pantai kuta hanya berada satu-satunya di Bali, tapi hal itu musnah ketika saya menginjakkan kaki ke pantai Kuta yang berada di Lombok ini. Pantai dengan pasir putihnya ini tepat berada di Desa Kuta- Lombok Tengah, jadi pastilah tau kenapa pantai ini dinamakan pantai Kuta. Kelebihan dari pantai ini adalah setiap tahun selalu ada Upacara Sasak, yang mana merupakan upacara Bau Nyale. Upacara mencari cacing nyale dilaut.

2.       Pantai Batu Payung


saya dan Batu Payung

Pantai ini adalah pantai yang saya injakkan pertama kali ketika saya mengunjungi Lombok. Saya lupa alasan pertama kita dibawa kesini, mungkin karena jarak yang paling dekat dari bandara. Ha ha ha

Keunikan pantai ini adalah batu yang berbentuk payung, awalnya saya gak tau nama pantai ini dan melihat batu payung itu sebagai jamur. Wkwkwkw. Malah saya berfikir itu jamur bukan payung. Sampai akhirnya saya tau nama pantai ini adalah Pantai batu payung. Memiliki garis pantai seperti layaknya pantai biasanya bikin saya gak ngeh akan keberadaan payung dipantai ini. Sampai akhirnya kita berjalan dipinggir pantai sekitar 5-10 menit (ini tergantung kuatnya ombak) dan licinnya jalur ya, kemudian disebelah barat kita akan bertemu dengan batu payung yang iconic di iklan televisi pada masa itu.

3.       Tanjung Aan


pasir merica


Pantai yang memiliki pesona unik ketika saya datang, excited karena memiliki pasir seperti butiran merica.

Disepanjang pesisir pantai juga banyak pedagang yang menjajakan kaos bertuliskan “I Love LOMBOK” sebagai oleh-oleh.

4.       Pantai Mawun


Pantai Mawun dan bonusnya


Ini adalah pantai yang akan selalu menjadi favorit saya apabila saya harus berkunjung kembali ke Lombok. Saya menyebut pantai ini adalah hidden paradise.

Saat kesana pantai ini bener-bener terjaga, sepi dari wisatawan local. Dengan ombak yang begitu riuhnya, Pantai ini tidak memiliki pasir yang panjang, malah terbilang berbentuk huruf U dikelilingi bukit hijau.

Saya jadi inget, dikarenakan disisi bukit hijau banyak banget kerbau yang berkeliaran. Sampai akhinya saya dan hana berlomba lomba memanjat kesisi bukit, berniat mengejar kerbau yang malah berakhir menikmati pantai mawun dari sisi berbeda. Sungguh eksotik dan menakjubkan, Kita berleyeh-leyeh dari sisi bagian yang berbeda. Menikmati dengan cara kita masing-masing, sampai akhirnya kita diteriaki untuk turun. Ha ha ha

5.       Pantai Seger
Patung Putri Mandalika dari kejauhan
Pantai ini memiliki ketertarikan khusus, bukan hanya pasir pantai yang putih saja. Terlebih bukitnya yang beragam. Suara ombak juga akan menjadi suguhan terbaik ketika piknikers berkunjung kesini.

Oh ya, selain alamnya di Pantai seger ini juga menyimpan legenda putri cantik dengan nama Putri Mandalika yang menjelma menjadi cacing. Tempat ini merupakan favorite karena legenda ini.


Lokasi tujuan dan pilihan menginap

Pastikan ketika meyusun jadwal perjalanan ke Lombok, menyusun berdasarkan urutan. Lombok memiliki pantai dari ujung timur sampai selatan. Jangan sampai perjalanan yang dibuat malah memakan waktu karena tidak tau urutan pantai yang dituju, pastikan tujuan yang dijangkau sesuai arah.

Saya jadi inget seorang teman bercerita, ketika melakukan perjalanan tanpa detail jadwal dan tanpa guide local dia hanya capek dijalan, bisa jadi sampai emosi karena arah malah berbolak balik dari ujung ke ujung. Ya sebagai pelajaran dan pengalaman, karena pengalaman itu berharga untuk sebuah perjalanan.

Ketika kita di Lombok, kita menumpang ditempat kak Ifa. Jadi ini adalah salah satu save cost kita ketika melakukan perjalanan. Ha ha ha. Tapi saking hitsnya Lombok sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib, kalau gak punya kenalan atau saudara, udah banyak sebenarnya akomodasi penginapan dan hotel-hotel murah yang bisa kita dapetin dengan gampang. 

Jadi kalau tertarik ke Lombok dan masi bingung nyari akomodasi murah, Cobain pakai Airy rooms, kita bisa menyesuaikan penginapan dan hotel sesuai budget masing-masing. Saya ini kan detail tapi gak mau rugian, jadi udah tau lah. #eakkk

Beberapa penginapan di Lombok yang saya rekomendasikan :

Lombok merupakan bagian yang tidak akan pernah saya lupa. Bukan saja tentang kenangan saya bersama semua travelmate saya, tapi lebih kepada sebuah janji. Janji untuk datang kembali untuk kisah bersama Rinjani, dan kala itu saya berharap Alby lah yang akan menuntun saya dan tim nantinya. Semoga….

Siapakah Alby?
Alby adalah anak kak Ifa yang saat pertama kali kita datang masih berumur 2 tahun kalau gak salah. ha ha ha

Tips ke Pantai di Lombok :
  • ·    Gunakan Sunblock 15 menit sebelum piknikers sampai di pantai, tujuannya agar sunblock  menyerap.
  • ·         Gunakan Topi dan kacamata karena panas pantai yang menyengat.
  • ·         Bawa Air mineral sebanyak banyaknya agar tidak dehidrasi.
  • ·         Bawa makanan dan cemilan apabila tujuan nya adalah hidden beach yang susah dijangkau dan jauh dari restaurant dan warung-warung.
  • ·         Selalu senyum kepada warga sekitar, karena senyum adalah ibadah.


You may also like