EAT.TRAVEL.WRITE 5.0- Apa yang bisa kamu temukan di Klang,Malaysia?

5 Comments
pembukaan Eat.Travel.Write 5.0
Opening Ceremony ETW 5.0

Kembali ke Negara Malaysia adalah rutinitas yang pasti saya lakukan setiap beberapa bulan atau mungkin tahun. Biasanya saya hanya menjadikan Negara Malaysia sebagai negara transit sebelum memulai pertualangan panjang. Tapi tidak kali ini, Tanggal 15 – 18 Mei 2017 saya mendapatkan kesempatan dari Selangor State Economic Planning Unit (UPEN Selangor) Malaysia, yang mana dirujuk oleh Gaya Travel Magazine yang berkolaborasi  dengan Majlis Daerah Klang.

Klang City
Pemandu kita selama Explore Klang City
Eat.Travel.Write (ETW) Selangor International Culinary Adventure ke 5.0 adalah program yang saya ikuti pertama kalinya di Malaysia. Keakraban dan kekeluargaan bisa saya rasakan ketika saya sampai dan bertemu dengan semua team ETW 5.0. The amazing of opportunities yang mungkin akan saya sampaikan.

Klang adalah daerah yang  akan kita bahas lebih jauh disini, Akan banyak mengupas tuntas tentang
“ Apa yang bisa kamu temukan di Klang ? kali ini saya akan sedikit bercerita tentang wisata sejarahnya ya piknikers.

Betewe, Klang ini bersebelahan dengan daerah petaling di sebelah timur, Kuala langat di sebelah selatan, Kuala Selangor di sebelah utara dan sebelah baratnya adalah Selat Malaka. Klang mempunyai pesona untuk kamu yang suka sama daerah tenang dan jauh dari keriwetan kota, apalagi Klang ini merupakan Bandar Diraja dan pernah menjadi ibu negeri Selangor sebelum terwujudnya Kuala Lumpur dan Shah Alam dan wisata sejarahnya buanyak banget.

Jadi ketika piknikers bertujuan ke Kuala Lumpur-Malaysia, dan bosan dengan destinasi yang itu-itu saja, piknikers bisa mencoba wisata anti mainstream, salah satunya adalah daerah ini.

Wisata Sejarah yang bisa kamu temukan di  Daerah Klang

1.       Royal Gallery Sultan Abdul Aziz
Royal Gallery Sultan Abdul Aziz
Tmpak samping : Royal Gallery Sultan Abdul Aziz
Galeri ini dibuka tahun 2007 oleh  H.R.H Sultan Sharafuddin Idris Shah yang merupakan Sultan ke Sembilan dari Selangor.Bangunan ini mempunyai kontruksi yang elegant, dibangun oleh Arsitek dari Inggris dan merupakan salah satu tujuan wajib ketika kamu berada di Klang. Oh ya, Galeri ini dibangun 1909 dan dikukuhkan  di tahun 2009 menjadi bangunan warisan negeri Malaysia ini. Buat kamu yang suka banget mendokumentasikan foto dari sejarah, disini merupakan salah satu pilihan yang tepat. Koleksinya banyak dan terawat banget.

jam tua di Royal Gallery Sultan Abdul Aziz
Jam tua nya antique banget ya?

aksesoris kerajaan di Royal Gallery Sultan Abdul Aziz
Aksesoris kerajaan

2.       The Former Chartered Bank
the former Chartered Bank
Gedung The Former Chartered Bank

Daerah yang memiliki Bank India, Australia dan China pertama dan tertua. Dan bangunan ini di rancang dengan gaya klasik. Setelah renovasi, Bank ini sudah berubah menjadi toko penjualan kain sari India. Jadi buat pecinta film bollywood cocoklah kemari, yang mana sejarahnya dapet, ala ala india nya juga dapet. hehe

the former Chartered Bank
View gedung dengan gambar bollywood

boutique shop di the former Chartered Bank
Kain yang dijual setelah menjadi Boutique Shop

3.       Royal Klang Club
Royal Klang Club Selangor
Royal Klang Selangor
Sampai kesini saya merasa tidak berada di Klub Golf, ternyata dahulu club ini digunakan untuk pertemuan dan hangout oleh pekebun Inggris, pegawai. Club ini masi dengan design yang khas, dilantai atas klub ini juga mempunyai ruang hiburan dengan drama Othello, midsummer dream by Shakespeare.

Royal Klang Club Selangor
Salah satu ruangan 
Oh ya, note banget nih. Untuk masuk kesini gak bisa sembarang orang karena harus memiliki izin khusus.

1.       Indian Muslim Mosque Tengku Klana

Mesjid Indian tampak dari jauh
Untuk masjid hunters ketika berwisata, jangan pernah lewatin salah satu masjid tertua di Klang ini. Di bangun tahun 1904 untuk komunitas muslim India yang hidup dan tinggal di daerah Klang. Mesjid ini sudah mengalami 4 tahap trasfromasi. 
Nah kalau kesini, jangan lupa coba Dzuhur atau Ashar dimari ya?

2.       Klang Fire Station
lukisan di Klang Fire station
Lukisan di Klang Fire Station
Dari jauh tidak terlihat ada yang menarik dari tempat ini,yang terbayang hanya oh bangunan pemadam kebakaran toh. Tapi ternyata saya salah piknikers, dikenal sebagai bangunan pemadam kebakaran tertua di Klang yang mana di bangun oleh colonial Inggris untuk melindungi kota di tahun 1890. Bangunan bergaya Victoria ini masi mempertahankan keasliannya walaupun sudah di renovasi.
salah satu pakaian
Seragam tempo dulu
      5. Church of Our Lady of Laurdes
Church of Our Lady of Laurdes
Tampak depan gereja

Gereja yang menjadi salah satu daya tarik ketika kita melintas di depannya ini, dibangun tahun 1923. Kemewahan dengan warna putihnya adalah ciri khas dari gereja ini. Merupakan gereje yang dibangun untuk melayani pendatang Katholik, China, dan India yang menetap di Klang.

                                                                                                           ***
Team Eat.Travel.Write 5.0
Team Eat.Travel.Write 5.0
Jujur aja nih, setelah ikutan ETW 5.0 ini nambahlah wawasan saya tentang wisata di Malaysia ini. Setidaknya kalau ada yang ngajakin kemari, saya tau harus ngapain.

Oh iya, selain mengexplore wisata sejarah, ada juga jadwal explore kuliner. Khusus buat kamu yang hobi makan dan perut nya karet banget pastinya bakal bahagia luar biasa. Kenapa gak ? tiap waktu makan terus, alhasil timbangan saya nambah 2 kg. Makasih team ETW 5.0

Masih banyak lagi pengalaman dan  keseruan yang saya dapatkan dari ETW 5.0, tunggu cerita saya selanjutnya ya piknikers.

You may also like

5 komentar:

  1. Bagus artikel! Hanya tak ada kesempatan mengenali u dalam ETW5.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak laura, terima kasih. semoga dilain waktu kita bisa jumpa lebih lama ya.

      Hapus
  2. Bagus artikel! Hanya tak ada kesempatan mengenali u dalam ETW5.

    BalasHapus

Aychoty