AYA SOFYA DAN KISAH JATUHNYA KONSTANTINOPEL

53 Comments


Aya Sofya, www.piknikcantik.com, choty, istanbul
Aya Sofya dan saya
Ketertarikan saya ke negeri ini awalnya berkisah dari bangunan kokoh yang disebut sebagai landmark negara ini. Dizaman saya mengenal buku pintar , saya selalu tertarik dengan bangunan bangunan megah seperti Aya Sofya ini, apalagi ditambah kisah dramatis dan sejarah yang awalnya terbesit "Semenarik apa sih? ".


Aya Sofya di malam hari
Aya Sofya di malam hari

sisi lain Aya Sofya istanbul Turkey
Sisi lain Aya Sofya - Istanbul

Sebenarnya saya adalah seorang gadis yang tidak terlalu menyukai sejarah, tapi karena dilema perbedaan di negara saya yang selalu berbuntut perbedaan dan agama membuat saya pengen tau tentang kisah dibalik Aya Sofya ini.

Aya Sofya ini berhadapan langsung dengan Mesjid biru atau yang dikenal Blue Mosque, bangunan yang sangat berharga dan terbilang tua ini tentunya adalah kewajiban untuk piknikers yang berkunjung ke Istanbul,Turkey, oh ya di belakang Aya Sofya ini juga terdapat bangunan makam yang dikenal Topkapi palace, tiket masuknya juga gratis.

Hari kedua saya memilih memisahkan diri dengan team saya, saya memfokuskan diri menghabiskan waktu di Aya Sofya. saat itu waktu menunjukkan jam 09.00 pagi, antrian di sini sudah lumayan panjang, mungkin karna bertepatan dengan hari sabtu, hari libur kali ya.

front Aya sofya
  Open Aya Sofya 08.00-22.00

Harga tiket untuk masuk adalah 40 lira, atau kalau di kurs kan 143.000 rupiah. Pelan tapi pasti dua pasang kaki mengikuti irama, tak terburu buru si neng selalu mengingatkan apabila saya terlalu cepat didepan. Jadi inget dengan pemilik www.menixnews.com kalau gini deh, suka ngingetin saya yang mudah lupaan.

ticket entrance Aya sofya
Tiket masuk Aya Sofya-Istanbul

Dahulu, Sebelum akhirnya menjadi masjid Aya Sofya adalah sebuah bangunan bekas gereja yang dikenal dengan nama Hagia Sophia, Aya Sofya berasal dari Bahasa Yunani dengan makna kebijaksanaan suci. Di masa pembangunan nya di tahun 537 M sampai 1453 M, bangunan ini adalah katedral Ortodoks dan tempat kedudukan  
Patriark Ekumenis Konstantinopel, Hingga akhirnya Konstantinopel ditaklukan oleh Utsmani di tanggal 25 Mei 1453.

Jatuhnya Konstantinopel

Penaklukan konstantinopel menandai berakhirnya Kekaisaran Romawi, Siapa yang menyangka periode kemakmuran telah sirna. Padahal dahulu, Kekaisaran Romawi adalah salah satu kekaisaran terbesar dalam sejarah, dengan wilayah kekuasaan yang saling besebelahan di seluruh Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah.

Peristiwa jatuhnya konstantinopel menjadi tonggak krusial dalam peradaban umat manusia kala itu yang berdampak sangat luas. Kepemimpinan Sultan Mehmed II adalah ancaman besar yang akhirnya terlepas dan dikuasai Utsmani. Sultan Mehmed II dikenal dengan nama Muhammad Al-Fatih yang artinya sang penakluk. Sebelumnya pun para khalifah dan pemimpin Islam pun selalu berusaha menaklukkan Konstantinopel. Usaha pertama dilancarkan tahun 44 H pada zaman Mu'awiyah bin Abi Sufyan Radhiallahu 'Anhu. Akan tetapi, usaha itu gagal. Upaya yang sama juga dilakukan pada zaman Khilafah Umayyah

Aya Sofya, Hagia Sofya, Istanbul, Turkey
view indoor Aya Sofya


Aya Sofya, Hagia Sofya, Istanbul, Turkey
sisi lain lampu yang bikin menarik
indoor Aya Sofya dan neng ieerha
my travelmate - IG : @ieerha30
Di zaman pemerintahan Abbasiyyah, beberapa usaha diteruskan tetapi masih menemui kegagalan termasuk pada zaman Khalifah Harun al-Rasyid tahun 190 H. Setelah kejatuhan Baghdad tahun 656 H, usaha menawan Konstantinopel diteruskan oleh kerajaan-kerajaan kecil di Asia Timur (Anatolia) terutama Kerajaan Seljuk. Pemimpinnya, Alp Arselan (455-465 H/1063-1072 M) berhasil mengalahkan Kaisar Roma, Dimonos (Romanus IV/Armanus), tahun 463 H/1070 M. Akibatnya sebagian besar wilayah Kekaisaran Roma takluk di bawah pengaruh Islam Seljuk.
Awal kurun ke-8 Hijriyah, Daulah Utsmaniyah mengadakan kesepakatan bersama Seljuk. Kerjasama ini memberi napas baru kepada usaha umat Islam untuk menguasai Konstantinopel. Usaha pertama dibuat pada zaman Sultan Yildirim Bayazid saat dia mengepung kota itu tahun 796 H/1393 M. Peluang yang ada telah digunakan oleh Sultan Bayazid untuk memaksa Kaisar Bizantium menyerahkan Konstantinopel secara aman kepada umat Islam. Akan tetapi, usahanya menemui kegagalan karena datangnya bantuan dari Eropa dan serbuan bangsa Mongol di bawah pimpinan Timur Lenk.
Selepas Daulah Utsmaniyyah mencapai perkembangan yang lebih maju dan terarah, semangat jihad hidup kembali dengan napas baru. Hasrat dan kesungguhan itu telah mendorong Sultan Murad II (824-863 H/1421-1451 M) untuk meneruskan usaha menaklukkan Konstantinopel. Beberapa usaha berhasil dibuat untuk mengepung kota itu tetapi dalam masa yang sama terjadi pengkhianatan di pihak umat IslamKaisar Bizantium menabur benih fitnah dan mengucar-kacirkan barisan tentara Islam. Usaha Sultan Murad II tidak berhasil sampai pada zaman anak dia, Sultan Muhammad Al-Fatih (Mehmed II), sultan ke-7 Daulah Utsmaniyyah.

Hingga pada akhirnya Muhammad Al-Fatih naik tahta, sejak kecil Al-Fatih sudah telah mencermati usaha ayahnya menaklukan konstantinopel,bahkan dia mengkaji usaha usaha yang pernah dibuat sepanjang sejarah islam ke arah itu, dan menimbulkan keinginan untuk meneruskan usaha menaklukan konstantinopel.

Syeikh Syamsyuddin lantas meyakinkan Amir Muhammad bahwa dia adalah orang yang dimaksudkan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam di dalam hadits pembukaan Konstantinopel. Ketika naik tahta, Sultan Muhammad segera menemui Syeikh Syamsyuddin untuk menyiapkan bala tentara untuk penaklukan Konstantinopel. Peperangan itu memakan waktu selama 54 hari. Persiapan pun dilakukan. Sultan berhasil menghimpun sebanyak 250 ribu tentara. Para mujahid lantas diberikan latihan intensif dan selalu diingatkan akan pesan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam terkait pentingnya Konstantinopel bagi kejayaan Islam.

Sultan Muhammad Al-Fatih pun melancarkan serangan besar-besaran ke benteng Bizantium di sana. Takbir "Allahu AkbarAllahu Akbar!" terus membahana di angkasa Konstantinopel seakan-akan meruntuhkan langit kota itu. Pada 27 Mei 1453, Sultan Muhammad Al-Fatih bersama tentaranya berusaha keras membersihkan diri di hadapan Allah Subhana Wa Ta'ala. Mereka memperbanyak shalat, doa, dan dzikir. Hingga tepat jam 1 pagi hari Selasa 20 Jumadil Awal 857 H atau bertepatan dengan tanggal 29 Mei 1453 M, serangan utama dilancarkan. Para mujahidin diperintahkan supaya meninggikan suara takbir kalimah tauhid sambil menyerang kota. Tentara Utsmaniyyah akhirnya berhasil menembus kota Konstantinopel melalui Pintu Edirne dan mereka mengibarkan bendera Daulah Utsmaniyyah di puncak kota. Kesungguhan dan semangat juang yang tinggi di kalangan tentara Al-Fatih, akhirnya berjaya mengantarkan cita-cita mereka.

Kemudian, Hagia Sophia menjadi masjid kekaisaran. Walaupun begitu, keberadaan Gereja Kristen Ortodoks tetap diakui, sebagaimana dalam system millet utsmani yang memberikan agama non-islam kewenangan khusus untuk mengatur urusan masing masing. Perbaikan dan perubahan dilakukan sesuai perintah Sultan Mehmed II, dikarenakan keadaan gereja yang sudah rusak. Untuk pertama kalinya pada 1 Juni 1453 Sultan Mehmed II menghadiri Ibadah Jumat, dan saat itu Hagia Sophia menjadi masjid kekaisaran pertama di Istanbul.

Perubahan pada Aya Sofya terlihat dari mimbar untuk khutbah dan kaligrafi di sekeliling bangunan, terlihat dari lafaz Allah dan Muhammad SAW. Disisi lain juga terdapat ukiran sebelum runtuhnya konstantinopel dengan ukiran bunda maria dan Isa Al-Masih.

Hingga pada akhirnya saya datang di November 2016 lalu, pusat masjid sudah terfokus di Blue Mosque, kegiatan ibadah dan sholat sudah dilakukan disana. Sedangkan, Aya Sofya hanyalah sebuah museum yang menorehkan sejarah panjang.

Jauh disana sejarah menorehkan kisahnya masing masing dan akan ada bagian kisah yang pasti diingat oleh pembaca nya. - @Aychoty






You may also like

53 komentar:

  1. Kirain aya sofya wanita muslimah perparas cantik, ternyata bekas gereja yang menjadi masjid, pasti nilai sejarahnya sangat tinggi yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejarahnya panjang banget bang, dan kalau kesini setidaknya tau nilai nya biar gak zonk. Btw anggap wanita muslimag berparas cantik yg komenin ini bang..hahaha

      Hapus
  2. cantiknya ya Aya Sofya. Semoga kelak bisa bertandang ke sana. aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cantik banget kak, sampe terkagum kagum .amin semoga disegerakan kak

      Hapus
  3. Asyik ya travelling-nya.... Moga one day bisa melihat apa yang ada di tulisan ini secara langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah seru banget mam, banyak nilai dan pelajaran dimari. Semoga disegerakan kak .amin

      Hapus
  4. Menambah wawasan tentang sejarah kak. Sangat inspiratif :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, nambah2 ilmu
      , duh aku bingung manggil bocah udik atau apa? Wkwkwk

      Hapus
  5. Jadi skrng namanya museum aya sofya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak sekarang udah jadi museum

      Hapus
  6. Asyik banget ya tempatnya. Apalagi foto2nya keren abizz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini tempat yang bikin selalu pengen kembali kak, dan setiap sudut keren si. Tapi pad kita kesana masih banyak yg direnovasi

      Hapus
  7. ayo chot nulis cakep kaya gini , nanti masuk media cetak biar makin cetar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak ices, lagi pelan pelan belajar.semoga next ada di media .amin

      Hapus
  8. chotijah aja pengen balik lagi ke sana apalagi aku yang belum pernah ke sana. super pengeeen bingit hihihi cantik dan menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, amin amin semoga disegerakan. semesta mengaminkannya

      Hapus
  9. Waaah, keren ya suasana di dalam mesjidnya. Lampu gantung yg diatas klo diliat dari foto sekilas, kayak api.

    BalasHapus
  10. Kalo aku ke Istanbul pasti selalu ke sini. Suka suasana di kota tua ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, ini salah satu tujuan yang pasti harus dan wajib kalau ke istanbul ini

      Hapus
  11. Cakep banget ya Hagya Sophia ini... Aku pernah dikirimin postcard gambar Hagya Sophia ini ama temen postcrosser. Sejarahnya juga menarik ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cakep kak, gak cukup sekali dan pengen banget bawa mama ku kesini. duduk lama ngamatin aja betah

      Hapus
  12. Cantik ya, sama cantiknya kayak namanya.
    Sekarang mah liat foto sama denger ceritanya aja dulu, kali aja kapan tau bisa kesana juga.. #ngarep

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak aku pikir awal aya sofya itu apa, setelah menggali sejarahnya emang enak banget untuk dipelajari.
      amin semoga dimudahkan untuk kesini kak

      Hapus
  13. seru juga tuh bisa kesana, bisa menggali sejarah ......

    BalasHapus
  14. That's why i love historical story. Dan karena kecintaan ke sejarah dan geografi-lah makanya saya suka traveling. Btw, kece banget yak Hagia Sofia ini Chot.. next, if God will pasti saya kesana deh.. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, aku sebenernya gak suka sejarah. karna emang Aya Sofya ini lah aku pengen ke Turki, pengen liat apa yang pernah diceritain.

      amin kak, semoga di segerakan ya

      Hapus
  15. Salah satu bucket list aku nih, mengunjungi Aya Sofya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin kak, semoga Allah dan semesta mengaminkan nya ya

      Hapus
  16. Impian banget bisa ke tempat ini Chot. Sama Istana Alhambra di Spanyil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah dimudahkan ya kak, disegerakan.amin

      Hapus
  17. MasyaAllah indahnya.. semoga bisa mengikuti jejak Choty mengunjungi tempat ini. Aamiin YRa

    BalasHapus
  18. Wisata sejarah... Smg suatu saat bisa menjejak langkah kesana jg

    BalasHapus
  19. Jadi ingat pelajaran sejarah yang dulu, Walo udah lupa, tapi choty membuka ingatan kembali tentang cerita ini. Siip infonya. Fotonya keceh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, setidaknya kita inget aja. bahwa sejarah itu bagian dari kehidupan kita sekarang

      Hapus
  20. ya ampun cantik amat Aya Shofya, jadi ingat temanku SMP ada yang namanya sama seperti tempat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sil, cakep banget.. aku tuh rasanya aja pengen banget kembali kemari

      Hapus
  21. salah satu tempat yang pingin dikunjungi
    turki...

    kak... pingin lah kesana
    mupeng....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajib kak, sambil umroh ngunjugin Turki.. ini jadiin bucket list. InsyaAllah diijabah

      amin amin

      Hapus
  22. Wah.., keren banget mbak, aku baru saja memulai membaca buku "1453 Detik-detik jatuhnya Konstatinopel ke tangan muslim", tapi penjelasan dari tulisan mbak sudah menuntaskan isi buku tersebut, sambil memperlihatkan photo2nya. Semoga aku bisa pergi ke Istanbul juga ya mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalau penjelasannya berguna ya mbak, amin amin semoga di mudahkan mbak

      Hapus
  23. Ga sempat baca liputannya di Batam Pos, sepertinya baca dr sumbernya langsung terasa lebih dekat dan nyata hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bang jogie, mengenal choty lebih dalam dari blognya langsung.wkwkwkkw

      Hapus
  24. Aya Sofya. .Td sy pikir nama pemeran di sinetron Turki...Tp keren tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagi booming sinetron Turki kak, elif ..eh saya elif. oh bukan ternyata.
      makasih kak

      Hapus
  25. kok gak geret Babang kesini kemaren? padahal kece banget 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. babang lagi di selat bosphorus ya, hahahha

      Hapus
  26. Huwaaaa indah banget mbak tempatnya. Semoga suatu hari bisa kesana juga. Aamiin

    BalasHapus

Aychoty