kabut asap bikin Batam bagai kota horror

4 Comments
Awalnya saya tidak menyadari apa yang dialami kota ini, berhubung saya jarang banget baca berita online maupun koran saya mah anteng anteng aja. Sampailah di kantor saya disediakan masker untuk karyawan karyawan nya yang membutuhkan, sempat terfikir ini musim flu sampai disediakan masker agar tidak tertular, dan akhirnya saya angkat bicara ke teman sekantor "tumben pake masker, akut banget ya flu nya?, dan si temen menjawab "itu matamu rabun atau  hidungmu kesumbat gak tau Batam lagi berasap #wajahnya menjadi jadi penuh emosi . Dan seketika itulah saya sadar dan menyadari bahwa kota ini lagi terserang asap kiriman dari Riau. #langsung cek tkp diluar

Kabut Asaap photo by: Gunawan

Pemandangan Kabut Asap photo by : Rahmat Hidayat


Pantesan beberapa hari sebelumnya setelah pulang ngantor saya sempet ngomong ke pacar, eh sadar gak si ini Batam horror, kabut kabut gak jelas, kurang ada zombie nya aja jadi deh kayak film silent hill , tapi ini banyak kendaraan jadi kurang horror, yakali zombie nya ditabrak lori udah mati deh.
Kemudian disuatu malam #lebay , jam udh menunjukkan pukul 22.00 dan posisi saya saat itu masih di gedung sumatera expo, berhubung saya abis nonton film maze runner "the scorch trials" yang mana banyak zombie juga di adegan film itu, jadilah dengan suasana yang horror pake kabut asap gitu, mana ini gedung sepi berfikir kemudian datanglah zombie dan saya dikejernya 😂😂 #sudah lupakan terlalu suka berkhayal 

Kembali lagi ke topik, sudah 3 hari setelah saya menyadari kota ini penuh bencana asap membuat orang orang males keluar kantor kalau tidak mendesak, seperti halnya makan siang, dikantor saya semua asik delivery #padahal masi hitungan tanggal muda.

Efek punya efek saya sibuk mencari apa si dampak yang ditimbulin dari asap kebakaran ini, taraaa ternyata mebahayakan pemirsaa :
1. Kabut asap menyebabkan iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan, serta menyebabkan alergi, peradangan dan juga infeksi 😱😱 #serem
2. Kabut asap dapat memperburuk asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik.
3. Kemampuan kerja semakin berkurang menyebabkan orang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernafas
4. Berbagai penyakit kronik juga dapat memburuk.
5. Bahan polutan di asap kebakaran hutan menjadi sumber polutan disaraba air bersih dan makanan yang tidak terlindungi 
6. Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) lebih mudah terjadi.

Masker gratisan korban asap, photo diperagakan oleh model


Yahh dikarenakan emang bahaya banget,  sama bahaya nya kayak asap rokok. Peduli sama diri sendiri deh yang utama, usahain pake masker, minum vitamin dan perbanyak minum air putih .dan doa doa medsos kayaknya nya berhasil buat pagi ini, yang ngarep hujan ternyata di ijabah..

Hujan yang diharapkan akhirnya turun

Semoga karna hujan mengurangi asap dan derita kita yang menghirupnya 🙏🙏




You may also like

4 komentar:

  1. Alhamdulillah ya... hujan sejak pagi tadi cukup bikin Batam jadi adem. Semoga hujan pagi ini menjawab 2 masalah yang sedang melanda Batam, masalah asap dan masalah air :D

    BalasHapus
  2. Eh kantornya di Nagoya Hill ya Choty? Iya di sini Tanjung Uncang juga hujan. Alhamdulilkah.

    BalasHapus
  3. Mana zombie nya, serem ga sieh

    BalasHapus
  4. karena kabur asam kota batam terlihat gelap sekali ya..

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkomen ria disini