Suka iseng-iseng ngecek tiket pesawat rute kemana saja, membuat saya terkadang khilaf. Sebagai pekerja piknik yang berencana pensiun ini, hal yang bikin saya sekedar bahagia adalah sederhana, hanya ngecek tiket pesawat walaupun saya sebenarnya gak benar-benar beli atau pergi (hobby yang aneh).

Tapi namanya juga baru berencana pensiun dijagat pekerja piknik #halah pekerja piknik darimana #situ ngingau , kadang pengen aja me time buat diri sendiri sebelum bener-bener pensiun. ha ha ha, alasan ini mah.

Apalagi banyak kota yang belum katam saya explore. salah satu nya adalah Malang, gak tau kenapa magnet nya kuat banget. Ya mungkin karena darah jawa saya masi mengalir kental, jadi emang beberapa kali isengnya ya seputaran jawa ini. #iyain aja


Dan taraaaaaaaa, terjadilah khilaf yang tak berkesudahan, wkwkwk. Yang berawal cuman iseng-iseng kadang suka nyeletuk sendiri "ih murah", "wahh sebelum menua nih (ini celetukan membahagiakan diri sendiri)", ha ha ha. #pretttt

Biasanya saya sering ngeteng ketika mempersiapkan perjalanan ala ala, beli tiket pesawatnya kapan dan pesan kamar hotel nya kapan. Tapi ya berhubung emang sayanya lagi gak punya waktu buat mantengin yang begituan dan juga uang lagi unlimited (biar pembaca senang ) ha ha ha lagi. Ya sekali-kali boleh lah agak naik kasta dikit liburan yang gak murahan.

Apalagi saya ini tipe gadis yang hobi nyobain fitur baru dari aplikasi digadget saya, jangan kan aplikasi yang ada. bisa aja saya download aplikasi baru kemudian saya uninstall dalam hitungan menit setelah download, ini kalau saya merasa itu aplikasi "Apaan sih ini". Tapi emang bebalnya saya selalu mengulang hal yang sama #Ngokkk

Traveloka adalah salah satu aplikasi yang gak akan pernah saya uninstall digadget saya, Kenapa? karena sebagai pekerja piknik ya saya sangat butuh-butuh-butuh, poin redeem saya mayan menumpuk juga disana #pamer. 

Langkah menyusun rencana piknik dadakan gak pake ribet :

1. Tentukan tanggal, waktu hingga Harga
Fitur baru di Flight + Hotel di Ttraveloka
Kita bisa memilih paket yang kita mau, tentunya sesuai budget

Nah ini, Iseng-iseng yang saya lakukan adalah dimari, khilaflah saya juga dimari.
Gimana gak? Fitur terbaru untuk pemesanan tiket dan hotel sekaligus bikin saya terkagum-kagum. Mudah dan saving time banget. Setelah ngebandingin beli ketengan, saya memutuskan membeli 1 paket disini. Paket tiket hotel traveloka membuat saya bisa bernafas lega dan nge-save kelebihan uang untuk wisata kuliner atau belanja-belanja dagangan Pre Order an. ha ha ha

2. Pilih Budget piknik sesuai kantong

Bisa nge-sort budget travelling sesuai kemauan, dari Low,High hingga Review nya

tentukan hotel/penginapan sesuai budget

Tipe piknik setiap orang itu beda-beda, termasuk perihal kantong. ha ha ha. Jadi pastikan setelah memilih destinasi, pilih budget nya. Kalau saya mah yang lowest price aja ya, maklum gak boleh riya

Di iseng-iseng kali ini tujuan saya adalah penginapan di batu malang,  setelah memilih budget tadi, keluarlah harga yang bervariasi. Karena cocok di kantong, dan baca review hotelnya juga oke. Mungkin pilihan saya jatuh ke "kamu", iya kamu yang bukan milik siapa-siapa #heleh 




3. Cek harga akhir dan Bayar
Harga akhir gak berubah


Setelah ngebandingin, mayan ngirit. yuhuuuuuuuu...kemudian nyatat titipan orang. #ngahahaha #teteupjualan 

"Setiap waktu itu uang, setiap perjalanan itu kesempatan. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk menjadikan nya uang" Choty-25 Tahun, Single 

Jadi, jangan sok-sokan ngeteng kalau tau ada yang beginian ya chot. "Terus, kamu jadi berangkat?" ini pertanyaan dari telpon disebrang sana. Menurut ngana?, kemudian dijawab. "Au ah situ mah". 

Intinya nih, good fitur untuk Traveloka. Jadi buat kalian piknikers nih. kalau males ribet-ribet fitur ini cocok banget, cocok juga buat yang niat jalan tanpa paket tour. Cobain deh, gak nyesel lah.
Nyeselnya sih pas kalian udh booking eh sadar jalan nya sendiri. Ya positif aja mana tau jodohnya ditujuan sana. 
#Ngokkkkkkkkkkk #abaikan




Shopping bagi wanita adalah kebutuhan wajib yang pastinya harus terpenuhi dalam suasana bahagia, suka, maupun berduka sekalipun. 
Bener kan ya? Yaaaaaaaaaa..benar sekaliiiiii. 

Yap, melihat fenomena ini. Sebagai gadis piknik yang selalu membuka Pre Order ketika melakukan perjalanan jauh, shopping bukan lagi sebuah aktivitas bagi saya. Tapi saya membuka market untuk menjaring mbak-mbak berdompet pas-pasan sampai sekelas sosialita. hahaha

Menurut saya, aplikasi shopping aja gak cukup bagi saya. Kenapa? Soalnya hanya menghabiskan uang saya tanpa berdampak positif bagi keuangan saya. hahaha
Kemarin, saya sedikit cerita ke seorang teman saya bahwa saya mau ngejual beberapa barang yang udah gak kepakai sama sekali. Malah terbilang baru loh. Berhubung saya malas pakai perantara, teman saya menginfokan salah satu aplikasi namanya "Carousell". Jadi iseng-iseng saya mendownload nya. Cukup gampang menggunakan aplikasi ini menurut saya. 

Apa sih Carousell ini?
Jadi menurut pengamatan saya, Carousell adalah sebuah aplikasi Online shop untuk saya yang ingin menjual barang-barang ke pembeli tanpa perantara. Carousell adalah wadah untuk    kamu atau kalian yang sedang mencari barang preloved 95%. Menurut saya gampang banget daftar carousell ini. 

 



Keuntungan menjadi pedagang di Carousell?
Berhubung saya adalah penjual, yang memilih carousell sebagai wadah dagangan saya. Menurut saya ni ya, cukup upload produk kita dengan detail. Jadi di carousell saya ngejual kamera sony a6000 saya, ada beberapa sendal yang 100% baru tapi belum saya pakai sekalipun. Harga juga saya jual relatif murah daripada harus langsung ke store nya di Singapore kan, mending beli ke toko saya. Apa aja yang saya jual? semua ada dimari





 



Gimana sih caranya 
Buat piknikers yang mau coba langsung jadi pedagang, bisa download di sini

Simple gak sih?
Kalau menurut saya si simple ya. Apalagi dalam hitungan 30 menit saya upload produk..barang dagangan saya udah lumayan direspon konsumen yang berminat dan adalah yang laku. Saya aja ampe senyum-senyum sendiri. Setelah info transfer barang yang laku tinggal di notif soldout, wuhuu..gampang kan. 

 



Tapi nih ya, piknikers dan kalian semua wajib tetap waspada dengan konsumen-konsumen iseng yang sepengalaman saya ketika
dikasih kontak whatsapp malah niatan menipu saya. Waspada tetep loh ya

Tapi overall saya terbantu dengan aplikasi ini. Jadi ntar pre order saya jauh-jauh bisa saya update langsung, atau pas bosan punya barang bisa langsung saya jual dimari. Yuhuu....


Sebagai pelanggan garis keras yang sangat-sangat terbantu dengan keberadaan gojek membuat saya akhirnya menuliskan ini.

Dahulu, saya gak pernah berfikir akan ada aplikasi yang memudahkan saya dan masyarakat untuk bertransportasi dengan hanya memesan via hp. Kalaupun ada saya juga tidak pernah terfikir akan hadir di daerah kepulauan yang bisa diakses dalam hitungan 1 hari-seperti halnya batam ini.

Sampai akhirnya apa yang tak saya fikirkan itu hadir, awal kehadiran nya adalah brand orange..brand digital local yang pelayanan nya sama persis dengan gojek, yang membedakan hanyalah warna brand dan aplikasinya.

Hingga suatu hari saya sudah tidak lagi bisa bersama kekasih saya, yang artinya tinggal kenangan semata. Yang kemana-mana bersama awalnya tapi akhirnya tak lagi sama. #tsah

Keberadaan abang berjaket hijau membuat gadis single yang pernah hampir putus harapan dan lupa artinya perhatian kembali berjaya lagi pada masanya, ya itu saya.wkwkw

Memang terlihat ngenes awalnya, apalagi diperadaban pertemanan yang cuman taunya hanya menyindir tanpa bisa memberi solusi. Seperti : Naik gojek mulu mbak, pacarnya mana? Atau Duh kasian si ya. Dan berbagai perkataan yang ujungnya adalah bullyan. Tenang, saat ini saya sudah cukup kebal. 




Ketika perhatian tak lagi bisa saya dapatkan dari pasangan, saya tak perlu ragu lagi kemarin. Ya gitu, abang gojeklah yang selalu memberi perhatian ke saya.

"Mbak, ini maskernya dipakai ya?
"Mbak, ini helmnya?

Itu adalah sebuah perhatian kecil, atau malah gak ada artinya buat mereka. Ya namanya juga SOP mbak-wajib diaplikasikan lah. Tapi bagi saya adalah perhatian besar, hahaha. Begitu terharunya saya ketika ditanya seperti itu, duh ngenes banget si chot. #kemudiansenderan

Ketika akhirnya drama demo hadir di kota kelahiran saya ini- Batam. Dan jujur saya tidak terlalu mengerti tentang ini. Bukan nya saya tak mau menggunakan ojek pangkalan, di era yang sambil selonjoran, klik klik di handphone kemudian sudah ada yang menanti di depan rumah. Kenapa harus memilih yang ribet. Transparansi dan kenyamanan sudah bisa dirasakan diawal, ketika order dan mendapatkan nilai harga dimuka. Manalagi diskon yang diberikan ketika cukup punya Go-pay di akun kita. Kurang apalagi bagi saya, kurang nyaman apalagi saya, kurang apalagi saya bagi kamu #halah

Ketika akhirnya saya menuliskan ini, ternyata saya memang membutuhkan perhatian dan senderan #eh .
Udah cantik-cantik pakai bedak, eh kendaraan saya gak bisa dipakai😂😂. Yang dulu tinggal order bang gojek, sekarang saya kelimpungan dan memilih mengagalkan rencana saya.
Miris gak sih?

Ya, saat ini armada perhatian saya lagi di bekukan untuk sementara, ya walaupun go food udah bisa beroperasi. Tapi yang membonceng kita masi belum juga, ya sama wae. Dan artinya akan banyak single-single seperti saya yang bergantung dengan abang gojek malah tak terarah tujuannya. #Saveabanggojek
Ujung-ujungnya sebagai single yang bahagia kayak saya, cara terbaik melupakan kesedihan dari bang gojek adalah belanja disini, udah paling ampuh banget, walaupun bang gojek pergi-belanja jangan pergi. 

Bang kembalilah, kami benar butuh abang? 
Ya-Abang Gojek


Tertanda:
Choty-Fans fanatik abang gojek


Berbicara tentang sejarah, tanah melayu adalah rumah yang menyimpan segudang cerita apabila benar benar digali. Seperti halnya yang satu ini, Bagansiapiapi yang merupakan ibukota kabupaten dari Rokan Hilir dikenal dengan wisata Bakar tongkang kali ini memperkenalkan wisata baru dengan nama Bagan Heritage.

Kala itu saya mengikuti famtrip dari pariwisata Riau, acara yang banyak diikuti oleh anak-anak muda sadar wisata, travel blogger, dan komunitas. Minimnya pengetahuan saya tentang tanah melayu lah yang membuat saya ingin bergabung di event ini, berhubung saya juga belum pernah datang ke daerah yang dulu dikenal dengan penghasil ikan terbesar di Indonesia ini.

Ya, kala itu Bagansiapiapi lah yang menjadi daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia, tapi saat negara api belum menyerang. Bagansiapiapi berada di muara Sungai Rokan, di pesisir utara Kabupaten Rokan Hilir. Dahulu Bagansiapiapi termasuk dalam kabupaten Bengkalis. Saat ini, saat saya menginjakkan kaki di kota yang dulu diagung-agungkan dengan hasil lautnya malah menyuguhkan pemandangan yang berbeda. Hal yang mungkin baru saya ketahui bahwa daerah ini memiliki wisata heritage yang tak pernah saya fikirkan sebelumnya, dan mempunyai ketertarikan yang bikin saya jatuh cinta akan suatu daerah.

Apakah sebegitu menarik? 
Kalau tidak menarik saya tidak akan menuliskan ini.

Bagaimana cara menuju Bagansiapiapi

Nah, Karena saya adalah berasal dari Batam tentunya saya menggunakan flight dari kota asal saya. Untuk menuju kesini saya memulai point dari kota Pekanbaru. Saat itu karena saya ketinggalan rombongan yang sudah start dari pagi, saya menggunakan jasa travel dengan biaya 150.000 rupiah sekali jalan. Menuju Bagansiapiapi dari kota Pekanbaru membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam. Waktu yang sangat lama menurut saya.

Wisata heritage yang wajib kamu ketahui 

Ke Bagan bukan masanya lagi kamu mencari ikan yang dulu selalu kamu dengarkan di pelajaran geografi, Bagansiapiapi lebih daripada itu. Selain daripada Bakar Tongkang yang merupakan Iconic daerah ini, ternyata Bagansiapiapi punya wisata heritage yang gak kalah menarik dan penuh sejarah. Dan jujur saja, saya baru tau saat kunjungan ke sana. hahaha

1. Rumah Kapitan
Rumah Kapitan Bagansiapiapi
Rumah Kapitan 
Rumah kapitan ini adalah bentuk bukti adanya keberadaan  kapitan Tionghoa yang menjadi pemimpin lokal untuk orang-orang Tionghoa. Rumah ini tepat berada di belakang hotel Lion bagansiapiapi, yang mana sudah berdiri sejak akhir abad ke 18. Kapitan Tionghoa saat itu diberikan hak oleh Belanda untuk melakukan kontrol perdagangan, saat industri perikanan masih menjadi sumber pendapatan dari kota Bagan tentunya. 

Dalam catatan Belanda, pada tahun 1908. Mantan Kapitan Bengkalis Oey I Tam memiliki hak monopoli garam di kota Bagan, bersama Tjong A Fie, kapitan Tionghoa di Medan. Hasil dari monopoli Oey bersih di tahun 1908 adalah sebesar 112.000 Gulden.

2. Kantor Cabang Bank BRI
kantor cabang Bank BRI Bagan
Kantor Cabang BRI - Bagansiapiapi
Jangan heran apabila melihat Bank BRI yang masuk dalam list wisata sejarah kota Bagan, bagaimana gak piknikers, kantor cabang Bank BRI ini merupakan Bank BRI nomor dua yang ada di Indonesia kala itu, dibangun di tahun 1917.  Dahulu namanya adalah De Visscherij Bank atau dikenal dengan "Bagan Madjoe". Pertama berada didirikan di  Purwokerto, Jawa Tengah oleh  Raden Bei Aria Wirjaatmaja dengan nama Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden di bulan Desember 1895.

3. Asrama Polisi
Asrama polisi bagansiapiapi
Asrama polisi
Ini merupakan asrama para suster dari Gereja Santo Petrus Bagansiapiapi, Pernah juga menjadi tangsi Belanda. Saat ini merupakan asrama polisi.

4. Klenteng  In Hok Kiong
klenteng In Hok Kiong
View Klenteng
Klenteng ini merupakan klenteng  tertua di Bagan, di bangun pada abad ke 18 akhir, setelah orang-orang tionghoa masuk ke Bagansiapiapi. Ornamen-ornamen yang ada pada klenteng ini  masi pada kondisi aslinya. Bayangkan saja, depan dan belakang pada bangunan klenteng ini adalah jalan besar beraspal, yang mana pembangunan nya tetap mengikuti dan menjaga keorisinilan klenteng ini, jalan lah yang mengalah pada akhirnya-keren ya?.
Pada pagi hari, aktivitas masyarakat Tionghoa yang beribadah bisa kita lihat disini.

klenteng In Hok Kiong
klenteng tampak dalam

5. Tugu Perjanjian antara manusia dan setan
Tugu perjanjian manusia dan setan
Tugu perjanjian tampak siang
Ini adalah tugu yang membuat saya penasaran saat itu, gimana gak penasaran kalau namanya aja bikin merinding disco. Yap, menurut kepercayaan msayarakat Tionghoa Bagan, tugu ini merupakan penjaga kota agar tidak  dimasuki makhluk jahat. Ada empat tugu perjanjian yang dibuat mengelilingi klenteng Hok In Kiong.

6. Gereja Tua Santo Petrus
Gereja Tua Santo Petrus Bagansiapiapi
Tampak depan-Gereja Tua Santo petrus

Terlihat dari bangunan nya, tentu saja heritage nya berasa banget. Di bangun pada awal tahun 1900-an awal ketika kotroleur Belanda mengembangkan kota Bagansiapiapi. Gereja ini jugalah bukti bahwa pada tahun itu Belanda pernah membawa misi keagamaan di kota Bagan ini.

Tugu perjanjian manusia dan setan
jam tua sebagai penanda jam di gereja

Tugu perjanjian manusia dan setan
jam tua



Kota Seribu Kubah
kantor walikota bagansiapiapi
Kantor Bupati Rokan Hilir dengan kubahnya
Selain Wisata Heritage nya, Bagan juga dikenal dengan kota seribu kubah. Jujur saja, saat pertama kali sampai di daerah ini. Saya sempet tercengang dan bertanya ke supir disana? Kenapa ini mesjid banyak banget ya pak? itu pertanyaan polos saya banget. hahaha
Ternyata yang saya lihat bukanlah mesjid, melainkan bangunan seperti kantor dinas dan bangunan lainnya yang memang di desain berbentuk kubah atapnya. Hal menarik lainnya adalah warna pada bangunan kubah yang digunakan adalah putih. Konon ceritanya, putih pada bangunan mengartikan "agar daerah bagansiapiapi selalu bersih dan suci sesuai kodrat warna bangunannya". Sungguh daerah yang mempunyai ketertarikan dan ciri khas yang kuat. Bagansiapiapi ini menurut saya, ke khasan nya berasa dan kayak kita ditarik ke dalam cerita zaman dahulu.

                                                                                           ****
Nah, awal Juni tepat ditanggal 8-10 Juni  bakal ada event besar di Bagansiapiapi yaitu Bakar Tongkang, ini adalah sebuah event pariwisata yang selalu ada setiap tahunnya. Nah event besar ini pastinya bakal rame banget, Tahun lalu tercatat 40.000 wisatawan yang menghadiri event ini, kebayang acara ini ramenya dan serunya gimana kan? Apalagi tahun ini dinas pariwisata pekanbaru juga mempersembahkan "Bagan Heritage" dan wisata "Pulau Jamur", komplit si menurut saya, dan pastinya tetep heboh kayak tahun-tahun sebelumnya.

Foto by : Amriyadi Bahar


Yuk ke bagansiapiapi, 


Program Famtrip Dinas Pariwisata Riau
Oleh Sadar wisata Pekanbaru
Tanggal 04-06 April 2017

pembukaan Eat.Travel.Write 5.0
Opening Ceremony ETW 5.0

Kembali ke Negara Malaysia adalah rutinitas yang pasti saya lakukan setiap beberapa bulan atau mungkin tahun. Biasanya saya hanya menjadikan Negara Malaysia sebagai negara transit sebelum memulai pertualangan panjang. Tapi tidak kali ini, Tanggal 15 – 18 Mei 2017 saya mendapatkan kesempatan dari Selangor State Economic Planning Unit (UPEN Selangor) Malaysia, yang mana dirujuk oleh Gaya Travel Magazine yang berkolaborasi  dengan Majlis Daerah Klang.

Klang City
Pemandu kita selama Explore Klang City
Eat.Travel.Write (ETW) Selangor International Culinary Adventure ke 5.0 adalah program yang saya ikuti pertama kalinya di Malaysia. Keakraban dan kekeluargaan bisa saya rasakan ketika saya sampai dan bertemu dengan semua team ETW 5.0. The amazing of opportunities yang mungkin akan saya sampaikan.

Klang adalah daerah yang  akan kita bahas lebih jauh disini, Akan banyak mengupas tuntas tentang
“ Apa yang bisa kamu temukan di Klang ? kali ini saya akan sedikit bercerita tentang wisata sejarahnya ya piknikers.

Betewe, Klang ini bersebelahan dengan daerah petaling di sebelah timur, Kuala langat di sebelah selatan, Kuala Selangor di sebelah utara dan sebelah baratnya adalah Selat Malaka. Klang mempunyai pesona untuk kamu yang suka sama daerah tenang dan jauh dari keriwetan kota, apalagi Klang ini merupakan Bandar Diraja dan pernah menjadi ibu negeri Selangor sebelum terwujudnya Kuala Lumpur dan Shah Alam dan wisata sejarahnya buanyak banget.

Jadi ketika piknikers bertujuan ke Kuala Lumpur-Malaysia, dan bosan dengan destinasi yang itu-itu saja, piknikers bisa mencoba wisata anti mainstream, salah satunya adalah daerah ini.

Wisata Sejarah yang bisa kamu temukan di  Daerah Klang

1.       Royal Gallery Sultan Abdul Aziz
Royal Gallery Sultan Abdul Aziz
Tmpak samping : Royal Gallery Sultan Abdul Aziz
Galeri ini dibuka tahun 2007 oleh  H.R.H Sultan Sharafuddin Idris Shah yang merupakan Sultan ke Sembilan dari Selangor.Bangunan ini mempunyai kontruksi yang elegant, dibangun oleh Arsitek dari Inggris dan merupakan salah satu tujuan wajib ketika kamu berada di Klang. Oh ya, Galeri ini dibangun 1909 dan dikukuhkan  di tahun 2009 menjadi bangunan warisan negeri Malaysia ini. Buat kamu yang suka banget mendokumentasikan foto dari sejarah, disini merupakan salah satu pilihan yang tepat. Koleksinya banyak dan terawat banget.

jam tua di Royal Gallery Sultan Abdul Aziz
Jam tua nya antique banget ya?

aksesoris kerajaan di Royal Gallery Sultan Abdul Aziz
Aksesoris kerajaan

2.       The Former Chartered Bank
the former Chartered Bank
Gedung The Former Chartered Bank

Daerah yang memiliki Bank India, Australia dan China pertama dan tertua. Dan bangunan ini di rancang dengan gaya klasik. Setelah renovasi, Bank ini sudah berubah menjadi toko penjualan kain sari India. Jadi buat pecinta film bollywood cocoklah kemari, yang mana sejarahnya dapet, ala ala india nya juga dapet. hehe

the former Chartered Bank
View gedung dengan gambar bollywood

boutique shop di the former Chartered Bank
Kain yang dijual setelah menjadi Boutique Shop

3.       Royal Klang Club
Royal Klang Club Selangor
Royal Klang Selangor
Sampai kesini saya merasa tidak berada di Klub Golf, ternyata dahulu club ini digunakan untuk pertemuan dan hangout oleh pekebun Inggris, pegawai. Club ini masi dengan design yang khas, dilantai atas klub ini juga mempunyai ruang hiburan dengan drama Othello, midsummer dream by Shakespeare.

Royal Klang Club Selangor
Salah satu ruangan 
Oh ya, note banget nih. Untuk masuk kesini gak bisa sembarang orang karena harus memiliki izin khusus.

1.       Indian Muslim Mosque Tengku Klana

Mesjid Indian tampak dari jauh
Untuk masjid hunters ketika berwisata, jangan pernah lewatin salah satu masjid tertua di Klang ini. Di bangun tahun 1904 untuk komunitas muslim India yang hidup dan tinggal di daerah Klang. Mesjid ini sudah mengalami 4 tahap trasfromasi. 
Nah kalau kesini, jangan lupa coba Dzuhur atau Ashar dimari ya?

2.       Klang Fire Station
lukisan di Klang Fire station
Lukisan di Klang Fire Station
Dari jauh tidak terlihat ada yang menarik dari tempat ini,yang terbayang hanya oh bangunan pemadam kebakaran toh. Tapi ternyata saya salah piknikers, dikenal sebagai bangunan pemadam kebakaran tertua di Klang yang mana di bangun oleh colonial Inggris untuk melindungi kota di tahun 1890. Bangunan bergaya Victoria ini masi mempertahankan keasliannya walaupun sudah di renovasi.
salah satu pakaian
Seragam tempo dulu
      5. Church of Our Lady of Laurdes
Church of Our Lady of Laurdes
Tampak depan gereja

Gereja yang menjadi salah satu daya tarik ketika kita melintas di depannya ini, dibangun tahun 1923. Kemewahan dengan warna putihnya adalah ciri khas dari gereja ini. Merupakan gereje yang dibangun untuk melayani pendatang Katholik, China, dan India yang menetap di Klang.

                                                                                                           ***
Team Eat.Travel.Write 5.0
Team Eat.Travel.Write 5.0
Jujur aja nih, setelah ikutan ETW 5.0 ini nambahlah wawasan saya tentang wisata di Malaysia ini. Setidaknya kalau ada yang ngajakin kemari, saya tau harus ngapain.

Oh iya, selain mengexplore wisata sejarah, ada juga jadwal explore kuliner. Khusus buat kamu yang hobi makan dan perut nya karet banget pastinya bakal bahagia luar biasa. Kenapa gak ? tiap waktu makan terus, alhasil timbangan saya nambah 2 kg. Makasih team ETW 5.0

Masih banyak lagi pengalaman dan  keseruan yang saya dapatkan dari ETW 5.0, tunggu cerita saya selanjutnya ya piknikers.